Dari (Sekedar) Kemampuan Teknis Merambah ke Kemampuan Generik

Ketika ditanya, “Apakah IPK merupakan penentu keberhasilan di tempat kerja?”, teman-teman menjawab:

jelas tidak,.. tergantung dari: kabegjan,.. etos kerja,.. motivasi, .. semangat,.. dll.
so,.. IPK tinggi belum tentu sukses,…
Ratna Palupie at 2:57pm July 7
sblm menjwb, penting u mempertanyakan akuntabilitas dr lembaga yg mengeluarkan ip tsb. skrng bnx lo universts yg jual ijasah -ip. utk kesuksesan dlm bekerja, ipk yg acuntable, adlh bhn dsrnya, diolah dg usaha dan tanggung jwb, d bumbui motivasi, disajikan dg doa dan berserah diri. amin
 Alim Sumarno at 3:58pm July 7
yang lebih penting dari IPK?
…. yang lebih mahal banyak..

 Nanik Helmi at 4:54pm July 7
Nasib baik, dan networking, yg lebih diutamakan kalo disini
 Yanti Suryanti at 7:59pm July 7
Yg terpenting ya..pengalaman, kesempatan, etos kerja, EQ, motivasi dan dedikasi, loyalitas, dan hoki

 Slamet Riyanto at 10:56pm July 7
sing penting pinter ubet….
  Masfiah Adji Soko at 8:17am July 8
IPK biasanya sbg syarat untuk bs melamar pekerjaan. Urusan sukses atau tdk.. trgantung eksistensi, loyalitas, dedikasi…dll
 Danang Tandyonomanu at 7:46am July 9
sekarang tidak banyak lowongan yg mengutamakan IPK tinggi. communication skill, bahasa asing, team work player malah diutamakan. tp itu justru malah dipinggirkan di pendidikan kita…cuma sebagai pemanis saja..tambahan pengetahuan tok…
  Wahono Widodo at 9:41am July 9
Yah …. itulah …. karena itu “generic competences”, akhirnya (secara umum) dosen tidak melatihkan di perkuliahan. Kita cenderung melatihkan yang “technical competences”, sesuatu yang dicerminkan di IPK. Lantas, gimanaaaaa?????
 Danang Tandyonomanu at 2:34pm July 9
nah karena ente menganggapnya “generic competences” itu yang jadinya sebagai dosen juga tidak memperhatikan, karena justru orang yg berhasil itu yg memiliki kelebihan di bidang yang katanya “generic competences” itu.
hayyooo…masihkah kita akan menganggapnya “generic”…?
 Wahono Widodo at 2:42pm July 9
Kalo dari definisinya, emang itu kompetensi generik (atau minimal keterampilan generik). (Kembali lagi) liat di blog saya. Pertanyaannya kembali lagi: sanggupkah dosen melatihkan itu? Umumnya akan bilang: “Itu bukan kapling saya”. Lalu kapling siapa???? Ada yang bilang: “Itu seharusnya diasah sendiri melalui ekskul”. Teganya …. Saya juga udah coba memetakan: “keterampilan generik apa, sih, yang diperlukan untuk jadi guru yang baik?” Ternyata berjibun jumlahnya. Ntar tak upload
 Danang Tandyonomanu at 3:24pm July 9
iya sori baru baca..baru bisa ngelink…
penelitianku tentang kompetensi komunikasinya bos…terutama untuk mhs calon guru
entah gimana hasilnya..
 Danang Tandyonomanu at 3:31pm July 9

kalo nemu sumber referensi untuk kompetensi komunikasi guru, boleh dibagi. nanti jadi pembanding bagaimana kualitas mhs calon guru kita..terutama di unesa
jd ketahuan entar kekurangannya apa…
bisa dirancang nanti kita harus apa…

Naaaahhhh ……, bagi yang masih kepingin tau, ini dia tentang kemampuan generik (cukup 2 menit, udah ada gambaran besar). Klik keterampilan-generik.pdf

2 Balasan ke Dari (Sekedar) Kemampuan Teknis Merambah ke Kemampuan Generik

  1. wah jawabannya macam2 ya… kelihatnnya tergantung IPK yang menjawab juga…kali

    • mistakung mengatakan:

      stuju tuh mas..sy rasa “AKU” (ambisi, kenyataan dan usaha) sbg konsep yg paling ideal yg akan menentukan sejauh mana kesuksesan itu dapat diraih bukan pada indeks yg baku yg ktnya jd penentu- toh realitasnya msh bersifat relatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: